Tuesday, March 8, 2011

Kapolda Resmikan Graha Jurnalis

BANDARLAMPUNG-(NI ONLINE):Untuk menunjang tugas kewartawanan yang ada di lingkup Polda Lampung, akhirnya Kapolda Lampung Birgjend Sulistyo Ishak meresmikan Graha Jurnalis Polda Lampung di Mapolda Lampung, Selasa (8-3).Untuk lebih mensakralkan acara tersebut juga dilakukan pemotongan pita dipintu masuk oleh Kapolda Lampung serta pemotongan tumpeng sebagai tanda syukuran.

Dalam sambutannya Kapolda mengatakan Polda Lampung sebagai sumber informasi bagi masyarakat dan juga diera keterbukaan informasi publik perlu bemitra dengan wartawan.

Mantan Wakadiv Humas Polri ini juga mengatakan Graha Jurnalis Polda Lampung sangat penting dan berfungsi sebagai tempat berkumpulnya wartawan, membantu kerja jurnallistik, tempat dialog, tukar menukar informasi, serta mencari dan menyampaikan informasi.

Menurut Sulistyo, informasi bukan hal yang tabu untuk diberikan kepada masyarakat. "Jadi Polda Lampung dan jajarannya tidak boleh elergi terhadap wartawan sehingga wartawan bukan pihak yang harus dijauhi,bahkan wartawan dapat membantu tugas polisi dengan informasi yang diberikannya," ujarnya.

Polri sebagai salah satu intitusi publik yang dibiaya oleh uang rakyat, sehingga haruslah transparan sesuai dengan UU Keterbukaan Informasi Publik. " Tetapi tetap ada informasi yang dikecualikan seperti informasi penangkapan pengedar narkoba, jika langsung di publis maka bandar besar narkobanya bisa langsung kabur," ujar Sulistyo.

Ia juga menjelaskan Humas Polda Lampung dan Humas semua Polres harus membangun kemitraan dengan wartawan. "Dengan membangun kemitraan, humas dan kasubag humas di polres dapat mengantisipasi wartawan yang hanya mengaku-ngaku saja tetapi karya jurnalistiknya tidak ada," ujar Kapolda.

Ia juga mengatakan pembangunan Graha Jurnalis Polda Lampung dibiayai bantuan hibah dari mitra Polda Lampung.

Ia juga berpesan kepada wartawan yang menggunakan Graha Jurnalis Polda Lampung agar merawat gedung tersebut. implementasi kemitraan terhadap wartawan,

Sementara itu Kabid Humas Polda Lampung AKBP Sulistyaningsih dalam sambutannya mengatakan graha jurnalis tersebut dibangun selama 3 bulan. "Persiapan didukung sepenuhnya oleh kapolda dan jajarannya," ujarnya. Ia berharap graha jurnalis bisa membantu wartawan dalam melakukan tugas jurnalistiknya. Graha Jurnalis Polda Lampung dilengkapi dengan wifi yang dapat diakses secara gratis, tv lcd, serta pendingin udara.

Sementara itu Ketua PWI Lampung Supriyadi Alfian mengapresiasi Polda Lampung atas dibuatnya graha jurnalis tersebut. Dengan graha jurnalis tersebut dapat membantu wartawan lebih cepat mengirim beritanya.

Ia juga meminta jajaran Polda Lampung untuk mengurangi oknum wartawan yang abal - abal dan tanpa surat kabar serta tidak berpedoman kepada kode etik jurnalistik.Elka

No comments:

Post a Comment