Wednesday, February 9, 2011

Polda Siaga 1Terkait Kerusuhan Temanggung dan Banten

BANDARLAMPUNG-(NI ONLINE):Polda Lampung menyiapkan antisipasi agar kerusahan di Temanggung Jawa Tengah dan Banten tidak meluas, Polda Lampung melakukan pengecekan kesiapan personil dan peralatan yang dimiliki satuan Sabhara dan Brimob serta Polresta Bandarlampung.

"Bentuk antisipasi itu yakni Pak kapolda mengunjungi Sabhara, Brimob dan Polresta untuk mengecek kesiapan personil dan berfungsinya alat-alat seperti water canon, tameng. Langkah ini sebagai antisipasi jika sewaktu-waktu diperlukan, semua sudah siap," ujar Sulistyaningsih di ruangannya, Rabu (9/2)

Berkaca pada kerusuhan di Temenggung dan Banten terus Sulistyaningsih, Polda Lampung menyiapkan beberapa langkah pencegahan dini diantaranya, deteksi awal adanya kemungkinan gangguan dan penyerangan rumah-rumah ibadah.

"Secara spesifik antisipasi itu yakni berupa peningkatan koordinasi dan komunikasi mulai dari Polsek sampai polres/polresta. Dan meningkatkan patroli -pattroli yang dilakuakn intel maupun satuan lainnya," imbuh Sulistyaningsih.

Ia juga mengatakan, Kapolda meminta jajaran mulai dari polsek sampai polres/polresta meningkatkan kewaspadaan, dan mengoptimalkan patroli yang selektif dengan sasaran yang jelas.”Para kapolres dan kapolsek diperintahkan untuk tidak meninggalkan wilayahnya masing-masing dan itu juga berdasarkan instruksi Kapolri dalam teleconfrens bersama pejabat utama di ruang Rupatama,” tukasnya.

Mnatan Kasubdit Pendidikan&Rekayasa (Dikyasa) Dit Lantas Polda Lampung itu menambahkan, pihaknya juga sudah membentuk tim negosiator terpadu yang melibatkan tokoh agama, masyrakat dan tokoh pemuda, sebagai antisipasi jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.

"Semua ini antisipasi saja, kalau-kalau terjadi sesuatu, Polda Lampung sudah siap. Ini berdasarkan perintah Kapolri Timur Pradopo yang dilakukan melalui teleconfrence bersama jajaran Polda Rabu siang," imbuhnya.

Pengamatan polda, sejauh ini kata Sulisyaningsih situasi dan kondisi di daerah Lampung masih kondusif, dan relatif stabil dari konflik agama. Namun, tidak salah jika Polda Lampung mengambil langkah antisipasi. "Ibarat sedia payung sebelum hujan, kami juga berharap di Lampung aman-aman saja, " harapnya. Elka

No comments:

Post a Comment